Powered By Blogger

Friday, May 6, 2011

Penulisan Paper (Karya Ilmiah) untuk orang awam

Baru saja saya mengikuti ekspo "Sempena Pemacuan Kegemilangan Ilmu" yg diadakan UKM di dectar dari tanggal 3-5 Mei 2011, sehingga menggugah rasa ingin berbagi pengalaman.Walau saya bukan seorang yg expert dalam dunia penelitian, tetapi tidak mengurangi rasa keingingan untuk sedikit berbagi kepada kawan2 yg sedang atau akan memasuki dunia penelitian khususnya kepada yang masih awam dalam dunia penulisan karya ilmiah. Cuma didasarkan atas pengalaman saya sebagai mahasiswa master, maka saya mencoba menulis tulisan ini. Tulisan ini mencoba memberi masukan tentang bagaimana kita bisa menjual hasil penelitian dengan menulis hasil penelitian dalam bentuk tulisan karya ilmiah.

Perlu dijelaskan dulu sebelumnya mengenai istilah2 berikut: karya ilmiah, paper, jurnal, skripsi, tesis dan disertasi. Karya ilmiah adalah tulisan atau laporan dari penelitian yg telah dilakukan. paper, jurnal, skripsi, tesis, disertasi adalah karya ilmiah. Paper merupakan karya ilmiah yang biasa ditulis dalam beberapa halaman saja, maksimal sekitar 6 hal. Paper biasa dipublikasikan dalam Conference atau Journal. Jurnal atau Journal dalam bahasa inggris merupakan suatu kumpulan dari paper2 yang memiliki kesamaan dalam hal issue atau topik-nya. Biasanya orang-orang suka tertukar dalam penggunaan kata paper atau jurnal karena paper biasa mereka pakai kalau karya ilmiahnya dipublikasikan di conference sedangkan menggunakan kata jurnal apabila dipublikasikan di jurnal. Skripsi/tesis/disertasi merupakan nama2 karya ilmiah yg wajib dibuat diakhir studi di masing-masing jenjang pendidikan. skripsi untuk S1, tesis untuk S2 dan disertasi untuk S3.

Di tulisan berikut ini, saya akan menggunakan istilah karya ilmiah menjadi paper. Karena paper lebih familiar dipakai dikalangan mahasiswa riset sebab maknanya yang lebih sempit ketimbang karya ilmiah.
Nah, sekarang apa hal2 yg paling penting dalam penulisan sebuah paper adalah 1.Title 2.Abstract 3.Introduction dan sebagai pembuktian adalah di bagian 4.Conclusions.

  1. Title/Judul: sesuai dg jargon iklan axe, kesan pertama begitu menggoda selanjutnya terserah anda. Judul berperan dlm memberikan kesan pertama kepada para pembaca paper kita. Membuat judul yang menarik namun tidak berlari jauh dari penelitian kita memang susah-susah gampang. Mungkin bagi sebagian kita, kaskuser khususnya, membuat judul paper/poster sama halnya membuat judul sebuah thread sehingga akan menarik para kaskuser lain untuk membuka thread tsb, membaca, mengomentari, meng-rate atau bahkan memberi cendol. Tingkatan apresiasi dari pembaca terhadap paper kita juga seperti itu.
  2. Abstract/Abstrak: abstrak merupakan sebuah ringkasan dari suatu paper/poster, yang isinya merangkum kalimat2 dari Introduction, Methodology dan Results/Conclusions. Pada bagian kalimat Introduction, usahakan kalimatnya mampu menjelaskan apa pentingnya suatu latar belakang yg kita ambil. Kenapa hal itu bisa kita jadi suatu latar belakang dari penelitian kita. Di sini juga terangkum secara implisit permasalahan apa yg belum terselesaikan dan hal itu menjadi issue2 dari paper kita tersebut. Sedangkan pada bagian kalimat Methodology, terangkum langkah2/usaha2 apa yangg kita akan lakukan dalam memecahkan issue2 yang kita kemukakan sebelumnya. Kemudian pada bagian results/conclusions, terangkum hasil yang paling penting dalam penelitian tsb atau solusi2 yang berhasil ditemukan dari masalah2/issue2 yg tadi kita jabarkan. 
  3. Introduction/pendahuluan: Di bagian ini merupakan pembuka dari paper. Isinya berupa latar belakang masalah, apa pentingnya latar belakang atau topik yg kita angkat ini terhadap perkembangan ilmu pengetahuan. Kemudian di bagian ini, kita harus meberikan acuan dari penelitian2 lain yg sejenis atau yg memiliki persamaan bidang yang sedang kita kaji dan yg pasti akan bermanfaat secara langsung trhdp penelitian kita. Selanjutnya, upayakan untuk mencantumkan kesimpulan2 dari penelitian mereka yg akan mendukung dari penelitian kita. Hal ini berguna sebagai penunjang atau penguat pondasi yang melatari penelitian yang kita lakukan. Kemudian di bagian ini kita juga mencantumkan masalah yg dihadapi dan metode/usaha apa yg kita ajukan dalam melakukan penelitian ini. Sebagai penekan dari bagian introduction, dibagian akhir dicantumkam objektivitas atau tujuan utama dari penelitian tsb. Biasanya orang lain akan melihat suatu paper selain Title, abstract adalah dibagian ini, karena akan menentukan apakah paper ini penting untuk mereka baca atau tidak. 
  4. Conclusions/kesimpulan: setelah kita menganalisa secara rinci hasil penelitian maka selanjutnya adalah bagaimana kita menyimpulkan semua itu. Keluasan wawasan dan kejelasan alur logika kata-kata dan kalimat yang digunakan penulis di bagian ini akan memberi dampak seberapa baiknya penelitian yg telah dilakukan. Ketidakjelasan dari conclusions malah justeru membuat penelitian tsb menjadi tidak berarti walaupun pada bagian yang lain telah berhasil membuat pembaca menjadi tertarik.

Hal-hal yg perlu diperhatikan dalam menulis paper adalah:
  • Hindari plagiarisme.
  • Jujur apa adanya, sesuai dg hasil penelitian yg telah dilakukan. Jangan menskenariokan hasil yg penelitian. Hasil yg dicapai adalah betul-betul merupakan hasil yg dicapai.
  • Paper dikerjakan setelah penelitian sedang atau setelah dikerjakan. Sehingga akan lebih banyak menggunakan kata kerja pasif dan past tense.
  • Usahakan lakukan penelitian setelah kita mereview penelitian2 lain sehingga tidak terjadi bentrok dg peneliti lain. Juga memberi potensi yg besar kepada penelitian kita sehingga memiliki sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Sekedar tambahan, ada satu jenis publikasi penelitian lain selain paper yaitu poster. Bagaimana membuat poster yang bagus adalah kurang lebih sama seperti kita membuat paper. Hanya saja format penulisannya yang berbeda. Dalam pembuatan poster, konsepnya adalah bagaimana kita membuat desain yang menarik sehingga mampu memudahkan orang lain memahami maksud dan tujuan dari penelitian tsb.


Perlu diketahui bahwa suatu penelitian itu bagus atau tidak (bermanfaat besar atau tidak) dalam dunia ilmu pengetahuan bukan dilihat dari seberapa pandai seorang peneliti meracik kata-kata kedalam sebuah paper tetapi bagaimana dia mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dari penelitiannya bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Biasanya orang lain akan menilai suatu penelitian kita dari apakah ada sesuatu yang baru, bagaimana tingkat originalitas dan kreativitasnya. Jadi inti dari tulisan ini, yg paling penting dalam penulisan sebuah paper selain kepandaian kita menulis paper tsb juga penelitian itu sendiri. Karena akan percuma jika kita sudah berusaha menulis tulisan yang bagus namun tidak ada manfaat yang berarti bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

No comments:

Post a Comment