Powered By Blogger

Monday, October 11, 2010

kamu adalah rupa namamu di hidup mereka

"kamu mau hidup kamu disingkat-singkat? yaudah makanya nulis namanya yang lengkap :| " kata Ibu Widyawati selaku guru BP dan guru Biologi di sma dulu. percakapan itu terjadi ketika saya terlambat registrasi untuk kenaikan kelas 2 sma. mau tidak mau yang terlambat harus menghadap guru BP. semenjak itulah sampai sekarang saya tidak pernah menulis nama saya di dalam formulir atau apapun di dalam dokumen resmi dengan menyingkat nama sendiri. mulai saat itu saya menghargai dan membanggakan nama panjang sendiri tanpa perlu disingkat.

sudah kebiasaan sejak jaman smp hingga kuliah s1, saya selalu mudah mengingat nama teman sekelas. sehingga sering kali saya tau setelah nama si fulan yang dipanggil maka nama si fulan selanjutnya yang akan dipanggil. dan entah kenapa, hampir semua namanya secara lengkap saya pun ingat.

mungkin itu perkara biasa sepertinya, tetapi saya mulai menyadari bahwa apa yang saya lakukan adalah bentuk penghargaan saya kepada keberadaan mereka selaku teman saya. hal itu ditandai ketika saya pernah berjumpa dan berkenalan dengan seseorang. suatu ketika kita berjumpa lagi dalam jangka waktu lama kemudian. rasa dihargai dan dihormati begitu terasa tiba-tiba ketika dia masih mengingat nama saya sendiri. bahkan tak jarang saya temui teman yang menulis nama atau menyebut nama saya dengan lengkap dan benar.

untuk menambah keakraban dan posisi mereka di hati kadang saya suka melabeli mereka bukan nama mereka sendiri tetapi dengan nama lain yang hanya dikalangan kami saja yang tahu artinya. suatu hal yang lazim sepertinya dikalangan orang banyak seperti itu. ah tapi sayangnya kadang, rasa perlakuan kita terlalu berlebihan dan menimbulkan kekecewaan tentunya ketika kita menyadari bahwa salah satu dari teman atau orang yang kita cintai lupa atau bahkan menyepelekan penulisan nama kita dalam daftar2 tulisannya. kita adalah bagaimana orang mengingat dan menulis nama kita. apakah mereka mengingat, menulis dengan salah atau benar, lengkap atau tidak lengkap, biasa atau unik? terpulang kepada masing-masing orang bro. =D

hahaha memang masih banyak sisi bentuk penghormatan terhadap oran-orang yang kita kenal koq. so, santai aja lagi. :) (mode: dalem hati tetep aja kecewa)

No comments:

Post a Comment